Soal Essay Informatika Analisis Data
Nama: Neisya Sheryl Firdaus
Absen: 21
Kelas: 8E
1. Apakah tujuan belajar analisis data?
Jawab: Tujuan belajar analisis data adalah kita dapat memahami cara mengakses, mengolah, mengelola, dan analisis data sehingga dapat mencari sekumpulan data dari kehidupan sehari-hari menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja/ manual.
2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
Jawab: Dengan melakukan pencarian data, visualisasi data, peringkasan data, pengelolaan data, studi kasus.
3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu!
Jawab: Fungsi Pencarian Data (Vlookup) adalah mencari suatu nilai pada kolom terkiri dari suatu range, kemudian mengembalikan nilai pada baris yang sama dari posisi kolom yang ditentukan. Fungsi Pencarian Data (Hlookup) adalah mencari suatu nilai pada baris teratas dari suatu range, kemudian mengembalikan nilai pada kolom yang sama dari posisi baris yang ditentukan.
4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?
Jawab: Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas
berdasarkan kategori tertentu.
5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS?
Jawab: SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat digunakan pada
aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data
berdasarkan kondisi tertentu. Fungsi SUMIFS berasal dari dua kata kunci: “SUM” dan “IFS”, dimana
fungsi ini akan melakukan proses SUM (data) apabila (IF) memenuhi (satu
atau banyak kondisi). Fungsi COUNTIFS berasal dari dua kata kunci: “COUNT” dan “IFS”,
dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi
(satu atau banyak kondisi).
6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data?
Jawab: Yang dimaksud dengan peringkasan data adalah cara mengolah data dari
sekumpulan data menjadi data yang lebih ringkas.
7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8?
Jawab: Karena kami akan belajar lebih lanjut mengenai cara mengelola data dengan menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table, fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIFS, maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja dan belajar bagaimana melakukan visualisasi data menggunakan chart.
8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel?
Jawab:
- Blok tabel yang ingin dibuat menjadi grafik
- Klik tab ‘Insert’
- Klik ‘Insert Line or Area Chart’ pada bagian ‘Charts’
- Urutkan data untuk area chart sehingga luas area terkecil muncul di lapisan terdepan, dan area terbesar muncul di lapisan terakhir.
9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data?
Jawab: Pencarian data dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat mencari data, ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh yaitu data yang dicari ditemukan (TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, fungsi lookup dan fungsi reference.
10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data?
Jawab: Visualisasi data merupakan data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart.
11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data?
Jawab: Menganalisis data di dalam worksheet untuk
menghitung statistik sederhana.
12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ?
Jawab: Fungsi Lookup ialah fungsi yang disediakan aplikasi lembar kerja, dalam hal ini MS Excel untuk mencari suatu data dalam sebuah range.
13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
Jawab: Fungsi Match mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi,Posisi dimulai dari 1. Fungsi Choose mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai. Fungsi Index Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk. Saya akan memakainya pada saat melakukan pencarian data dengan fungsi refrence.
14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
dalam meringkas data?
Jawab: Iya, memudahkan dengan efisien.
15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
sulit digunakan?
Jawab: Menurut saya fungsi COUNTIFS yang lebih sulit digunakan, dimana fungsi ini akan melakukan proses COUNT (data) apabila IF memenuhi (satu atau banyak kondisi).
16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan!
Jawab: Iya berguna dalam penerapan SUMIFS dan COUNTIFS
17.Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini?
Jawab: Senang karena menambah pengetahuan tentang data.
18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
unplugged (tanpa komputer)?
Jawab: Tidak banyak mengalami kesulitan, hanya saja lebih cepat menggunakan komputer.
19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel!
Jawab: Alat untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan untuk melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data.
20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini?
Jawab: Ya, saya dapat memahami kegunaan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekan. Pada pivot table dua dimensi, peringkasan akan ditentukan berdasarkan dua kolom data. Terdapat baris pivot dan kolom pivot yang akan digunakan sebagai acuan dalam meringkas data.
Selesai
Komentar
Posting Komentar